Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

Jasa Bongkar

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya.

Penasaran dengan macam-macam bangunan menurut kegunaannya? Arti bangunan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yaitu sesuatu yang didirikan / dibangun. Pengertian bangunan adalah suatu konstruksi buatan manusia yang terbentuk dari beberapa gabungan struktur-struktur dengan tujuan tertentu.

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

Yang kita perlu ketahui, yaitu bagian struktur-struktur yang membentuk konstruksi bangunan dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu bangunan atas dan bangunan bawah. Bagian-bagian dari bangunan atas meliputi atap, kuda-kuda, kolom, ring, dan dinding. Sedangkan bagian dari bangunan bawah antara lain yaitu pondasi dan sloof.

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

Menurut perkembangannya, sekarang terdapat bermacam-macam bangunan yang digunakan untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia. Tidak hanya sebatas digunakan sebagai tempat tinggal, tetapi bangunan juga saat ini dibuat untuk menjawab keperluan dalam komersial, fasilitas kesehatan dan pendidikan, peribadatan, transportasi, budaya, serta pemerintahan. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap dari masing-masing bangunan tersebut.

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

A. Bangunan Rumah Tinggal

Pembuatan bangunan rumah tinggal bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan papan/tempat tinggal. Oleh sebab itu, pembuatan bangunan ini harus memperhatikan faktor keamanan dan kenyamannya. Berikut ini adalah contoh-contoh bangunan rumah tinggal antara lain yaitu rumah, perumahan, rumah susun, kontrakan, kos-kosan, apartemen, mess, asrama.

B. Bangunan Komersial

Jenis Bangunan komersial didirikan untuk mendukung aktifitas komersial meliputi jual, beli, dan sewa. Bangunan komersial ditujukan agar keperluan bisnis sehingga faktor lokasi yang strategis memegang peranan penting untuk kesuksesan bangunan ini. Contoh-contoh bangunan komersial di antaranya pasar, retail, pertokoan, supermarket, perkantoran, mall dan komplek kios.

C. Bangunan Fasilitas Penginapan

Bangunan penginapan tercipta dari kebiasaan manusia yang kini beraktifitas dengan berpindah-pindah tempat secara mobilitas. Keberadaan bangunan ini memungkinkan seseorang dapat menyewa bangunan untuk sementara waktu dengan keperluan menginap. Adapun contoh bangunan penginapan yaitu motel, cottage, hotel dan wisma tamu.

D. Bangunan Fasilitas Pendidikan

Bisa ditebak, ini adalah bangunan yang difungsikan sebagai sarana pendidikan, di mana aktifitas utama di dalamnya adalah belajar. Dalam penjelasannya, belajar adalah kegiatan sebagai mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru. Contoh dari bangunan pendidikan misalnya sekolah, perpustakaan, sanggar, dan laboratorium.

E. Bangunan Fasilitas Kesehatan

Kesehatan itu adalah anugerah yang luar biasa yang dimiliki bagi setiap manusia. Oleh karena itu, agar dapat menunjang kesehatan tersebut, maka muncullah bangunan kesehatan ini. Berikut ini adalah Contoh-contohnya rumah sakit, puskesmas, laboratorium medis, klinik, apotek, gymnasium, salon kecantikan, pusat terapi, dan pusat rehabilitasi.

F. Bangunan Fasilitas Peribadatan

Masjid, gereja, kelenteng, vihara, dan pura adalah contoh-contoh dari bangunan fasilitas peribadatan. Seluruh bangunan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan batin manusia sebagai makhluk yang mempunyai Tuhan. Bangunan peribadatan biasanya dipakai sebagai tempat beribadah dan upacara keagamaan.

yang terakhir yaitu…

G. Bangunan Fasilitas Transportasi

Bangunan fasilitas transportasi, yaitu bangunan yang dibuat sebagai pusat dari alat transportasi tertentu. Misalnya terminal sebagai tempat berhentinya bis, pelabuhan sebagai tempat menepinya kapal, stasiun sebagai tempat pemberhentian kereta api, dan bandara sebagai tempat mendaratnya pesawat. Di bangunan fasilitas transportasi ini, pada umumnya telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas layanan yang menunjang alat transportasi tersebut.

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

H. Bangunan Hiburan dan Bangunan Budaya

Bangunan hiburan adalah bangunan yang dipakai sebagai tempat menciptakan hal-hal yang menghibur. Sedangkan Bangunan budaya adalah bangunan yang digunakan untuk melestarikan dan atau mempertunjukkan suatu kebudayaan. Pada bangunan, hubungan antara faktor budaya dan faktor hiburan ini saling merekat dan mendukung satu dengan yang lainnya. Seperti contoh gedung pertunjukan yang menampilkan drama sarat budaya yang dapat menghibur penonton. Begitu juga dengan bioskop, perpustakaan dan museum.

I. Layanan Publik dan Bangunan Pemerintah

Bangunan pemerintahan merupakan bangunan yang dipakai oleh pemerintah bertujuan menunaikan kewajiban dan tugasnya. Selain itu, bangunan pemerintah tersebut juga dapat digunakan sebagai bangunan layanan public. Contohnya pada saat pengurusan data kependudukan, surat perijinan, berkas-berkas resmi, laporan pengadilan, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya, dalam membuat bangunan ini harus dirancang sedemikian rupa supaya bias mendukung kegiatan-kegiatan tersebut. Berikut ini contoh-contoh Layanan Publik dan Bangunan Pemerintah sepeti kantor polisi, kantor dinas, kantor perijinan, dan balai pemerintahan.

Macam-macam Bangunan Menurut Kegunaannya

kunjungi website kami www.jasabongkarbangunanmurah.com

baca juga artikel….

Jasa Bongkar Bangunan Di Jakarta Pusat Hubungi 08128371664

Leave a Reply